Skip navigation

Tadi sore (02 Feb 2008, 13:23), saya membaca sebuah artikel dikoran kompas mengenai rencana Microsoft untuk membeli SEMUA SEBAGIAN saham Yahoo senilai $ 44,6 milyar (Rp. 419 triliun !!). Hal yang langsung terpikirkan oleh saya adalah mengenai dampak yang akan terjadi apabila rencana tersebut benar – benar terjadi, khususnya bagi kita sebagai pengguna (users) dan pengembang (engineer). Mungkin sebagian besar diantara kita menganggap hal tersebut tidak terlalu penting dibandingkan dengan isu – isu lokal maupun internasional lainnya. Mungkin berita ini kalah populer dibandingkan dengan berita mengenai meninggalnya Soeharto, maupun berita mengenai bencana alam. Namun rasanya, berita mengenai akusisi Yahoo ke Microsoft perlu kita cermati dengan lebih serius.

Saat ini, yang menjadi pokok pembicaraan didunia teknologi / internet umumnya membicarakan mengenai Microsoft, Apple, Linux, Yahoo, dan Google, sampai – sampai kelima nama tersebut menjadi istilah baru dibanyak bahasa. Dalam hal bisnis maupun teknologi masing – masing perusahaan tersebut (kecuali Linux) saling berlomba menjadi yang terbaik, dan persaingan diantara mereka itu banyak memberikan dampak yang baik sekali kepada kita, karena pada akhirnya kitalah yang memperoleh manfaat dari tersedianya teknologi yang bagus dan murah dari mereka. Lalu apa yang akan terjadi apabila Yahoo jadi diakusisi oleh Microsoft ? Tentunya hal tersebut membuat makin sempitnya ruang persaingan diantara mereka, dan hal tersebut bisa membuat dominasi kekuasaan teknologi disalah satu perusahaan tersebut. Dominasi ini lah yang kita harus cermati, karena dengan dominasi yang akan dimiliki oleh salah satu perusahaan tersebut membuat kita sebagai pengguna dan pengembang akan kesulitan untuk memiliki teknologi yang bagus dan murah lagi.

Jika dilihat dari dari sisi teknologi maupun bisnis terlihat bahwa yang paling mungkin akan bersinggungan adalah antara Microsoft dengan Google.

Kenapa bisa Google yang menjadi saingan no 1 microsoft ? Bukankan seharusnya Linux ?

Hal ini disebabkan karena, menurut hasil pengamatan saya, Google sangat serius untuk membantu banyak proyek 2x Free/Open Source Software (FOSS) yang nota bene nantinya akan digunakan didalam sistem operasi linux. Dan walau tidak secara eksplisit mengakuinya, saya rasa Google sebenarnya menggunakan linux sebagai basis semua teknologi – teknologi yang ada didalamnya.

Dalam hal bisnis, Microsoft yang selama ini selalu mencari cara untuk menjatuhkan Google dalam bidang internet, kali ini akan mendapatkan momentum yang sangat tepat. Menurut catatan saya, sejak tahun 1995 2005, Microsoft selalu berusaha untuk mengambil alih seluruh teknologi Yahoo sebagai ganti teknologi MSN yang gagal. dan dengan cara tersebutlah Microsoft bisa menjatuhkan dominasi Google dalam bidang media periklanan.

Dengan pendapatan lebih dari $1 juta dari iklan (adsense), kini tentunya google akan mendapatkan ‘tamparan’ yang sangat kuat dari Microsoft.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah, akankan google bisa dikalahkan oleh Yahoo & Microsoft sekaligus ? dan sebagai pengguna apa yang bisa saya lakukan ?

Menurut saya, dominasi Google dalam bisnis iklan online sulit untuk terbendung, mengingat jumlah afiliasi yang sudah dibangun google melalui adsense nya. Agak sulit bagi saya untuk memastikan berapa afiliasi adsense yang sudah tercipta, Namun kita bisa memperkirakan jumlahnya bisa jadi hampir sebanding dengan jumlah weblog yang kini sedang booming. Sedangkan dalam hal teknologi, saya rasa kerjasama antara teknologi FOSS dan Google akan sulit dikalahkan dengan Microsoft Windows dan Yahoo nya.

Sebagai pengguna mungkin yang baru bisa kita lakukan sekarang ini adalah dengan terus memperhatikan masalah ini dan berharap ada kekuatan lain yang akan mengimbangi dominasi mereka berdua. Yang menurut saya menjadi tumpuan kita sebenarnya adalah peranan para pengembang yang seharusnya mau berani untuk memberikan solusi – solusi teknologi lain yang lebih kreatif.

4 Comments

  1. Setiap produk seperti OSS ataupun berbayar pasti ada segmentasi dan pengikutnya. Tapi saya tetap mendukung OSS!!

    Hidup Linux Mint!! Hidup Google!!

    Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah, akankan google bisa dikalahkan oleh Yahoo & Microsoft sekaligus ?

    Ndak akan!! Pede…:mrgreen:

  2. FYI, yahoo itu public listed company. jadi engga mungkin microsoft bisa membeli SEMUA saham yahoo, karena sebagian sudah dimiliki publik.

    either sumber anda ngga bener, atau translasi anda salah.

  3. Sumber saya adalah koran kompas tgl 2 Feb 2008, silahkan dicek. Tapi saya setuju dengan pendapat anda kalau memang tidak mungkin saham yahoo dibeli SEMUA oleh microsoft.

    Tapi juga walaupun misalnya hanya SEBAGIAN saham yang dibeli oleh microsoft, kalau jenis saham tersebut adalah LEVEL I , maka itu bisa dianggap menguasai Yahoo secara keseluruhan. Karena saham2x yg dipasaran tdk bisa digunakan untuk mengambil keputusan didalam manajemen Yahoo.

    Saya akan ubah artikel saya diatas agar sesuai dengan kondisi real.

    Trims banyak.

  4. 😕 …. wow


One Trackback/Pingback

  1. By Yahoo + Microsoft = Google | Simple Idea on 04 Feb 2008 at 2:28 am

    […] more opinion from me, please check my other article (in Indonesian). This entry was written by Indrio Eko Purnomo and posted on 3 February 2008 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: