Skip navigation


Sebenarnya ini mungkin bukan berita baru lagi bagi sebagian orang. Mungkin juga sudah banyak orang juga yg tahu mengenai teknologi ini sejak beberapa tahun yg lalu. Tapi bagi saya yang awam, teknologi MultiTouch adalah sebuah teknologi yang sangat menarik untuk dipelajari dan (mungkin) dikembangkan.

MultiTouch, adalah sebuah istilah yang diperkenalkan oleh Jeff Han untuk mengambarkan sebuah teknologi layar sentuh yang baru ini. Dalam presentasinya, Han menunjukan implementasi teknologi tersebut untuk beberapa jenis aplikasi, khususnya yang berhubungan dengan grafis.

Di video yang saya tonton disini, Han memperlihatkan bagaimana mudahnya mengoperasikan komputer hanya dengan menggunakan kedua tangannya. TIdak ada lagi mouse ataupun shortcut keyboard yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi – aplikasi multimedia. Sayangnya, saya tidak bisa menemukan informasi yang pasti mengenai sistem operasi yang digunakan oleh Han dalam mengoperasikan MultiTouch.

Jika anda fanatik dengan produk2x Microsoft, anda bisa menggunakan produk yang mirip MultiTouch yang dinamakan Microsoft Surface. Jika anda berminat silahkan sisihkan uang sekitar $5.000 – $10.000 untuk membelinya.

Namun, jika anda adalah fanatik dengan FOSS, anda bisa menggunakan MPX yang berjalan disistem operasi GNU/Linux. MPX sendiri adalah sebuha proyek yang memodifikasi X server agar bisa menerima input dari banyak Pointer Device (mouse). Berbeda dengan 2 proyek lainnya yang lebih mapan, MPX proyek tidak mendefinisikan perangkat keras yang harus digunakan, sehingga kita bisa menggunakan perangkat keras yang sudah kita miliki sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknologi ini silahkan kunjungi alamat2x dibawah ini :

4 Comments

  1. gak nyetrum ituh ?? gak cocok di Indonesia… belom belom, surface nya udah bolong kena rokok, klo gak ketumpahan air… yah still long – long way to go😀

  2. Klo diterapkan dsini apa devicena gak dicolong orang??:mrgreen:

  3. udah liat videonya
    keren bgt euyyy
    tapi kapan yakk

  4. @suprie
    nyetrum ??? kalo bolong sm rokok sih iya .. Lol
    @adit
    dicolong ??? emang mo lo taroh dimana alatnya ? Lol
    @om jendral
    yoi bos, keren banget … patungan yuk ….. Lol


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: