Skip navigation

Gara2x tugas kantor yang mengharuskan saya untuk ikut keinginan saya untuk bermain game Warcarft III, mau nda mau saya juga harus menginstall game itu dikompi saya.

Tapi kan itu game Windows ? Berarti gw musti install Windows dikompi donk ?

Langsung pikiran saya berkecamuk memikirkan hal itu. Padahal saya sudah bertekat untuk tidak menggunakan OS mengerikan itu dalam setiap aktifitas saya. Bahkan pikiran yang terbesit jika akan membeli HP pun akan langsung mempertanyakan apa OS yang digunakan oleh HP itu? Kompi2x yang ada dirumah saya maupun rumah orang tua pun tidak ada yang menggunakan Windows, hal itu mengakibatkan anak2x saya lebih mengenal Linux dibandingkan Windows yang diajarkan disekolahnya.

Memang ada Wine yang bisa menjalankan aplikasi Windows dikompi Linux. Namun pengalaman saya sebelumnya menggunakan Wine adalah, aplikasi tersebut blm bisa sempurna menjalankan game2x sejenis Warcraft, dan lagipula secara teori, aplikasi Windows yang berjalan di Wine tentunya akan berjalan jauh lebih lambat dibandingkan apabila berjalan langsung di Windows.

Aaaah, tapi dengan modal kenekatan, saya memberanikan diri untuk menginstall Wine dan kemudian googling di internet untuk mencari installer Warcraft untuk versi demo. Kali ini, saya melakukan percobaan dengan menginstall Wine versi 0.9.46 dan Warcraft demo version.
Setelah berhasil mendownload installer Warcraft, kemudian saya mengekstraknya sehingga menghasilkan file bernama W3Demo.exe. Kemudian dengan Wine saya mencoba untuk menjalankan installer tersebut.

Deg .. deg .. deg … jalan nda ya ?

Waaah, ternyata jalan sehingga akan muncul tampilan seperti dibawah ini pada layar kompi saya.




“Truskan perjuangan mu nak”🙂 . begitulah kata hati kecil saya saat itu. Perjalanan terus berlanjut dengan sangat mulus dan cepat. Jauh diluar bayangan saya sebelumnya. Hingga akhirnya kisah instalasi berakhir dengan bahagia. Happy ending ceritanya.

But, masih ada satu ujian lagi yang saya harus tuntaskan. Gamenya bisa jalan nda neh ? Kalo dilihat dari menu, game itu sepertinya sudah terinstall dengan baik. Hmm, coba di klik aja deh.

Waaah, jalan … trus coba main, jalan terus … uuuh …. aahhh … lancaaaarrrr




Cihuuuuuy … I’m really love free software (Wine) and Linux

update :

Saya lupa menjelaskan spec kompi yang saya gunakan untuk game ini.

  • Prosesor : AMD Turion 64x 1.8 Mhz
  • Mem : 512
  • VGA : NVidia GeForce 7000M 64 MB (share)
  • OS : Ubuntu Gutsy 7.10 kernel 2.6.20-15-generic

10 Comments

  1. belum coba install wine ya…

  2. Enakan pake vista klo maen game kk….😀

  3. hahahaha………..

    mantaf bro….

    bawa k kontrakan y….

    hheheh

  4. gw baru tau …
    warcraft itu free software yah…
    dan gw juga pengen tau :p
    kegiatan kantor apa yang berhubungan dengan warcraft III ?

    Dare to fight in kontrakan ?

  5. @away
    ini gw pake wine oom ;-d
    @labyrinth
    waaah vista skr udh nda jaman, hahahaha
    @athonksama
    kenapa nda loe aja yg kerumah gw ?
    @suprie
    hahahah, sejak kapan warcraft jd free ?
    kalo dikantor gw skr. anak2x nya wajib untuk main game online selama 2 jam setiap minggunya bulannya.
    Fight ??? wah lom berani ooom, masih belajar :-p

  6. bro pake distro apah ?

    btw kalo aku warcraft lum nyoba euy install di Fedora….. pernah juga install AOE II via Wine…. bisa nyala, tapi luambaat abiss

  7. @adit
    gw disini pake ubuntu gutsy 7.10 kernel 2.6.20-15-generic

  8. Cara ndapetin wine ma nginstal y gmn boz? Susah g? Aq newbie neh…

  9. kalo nginstall game online lain bisa g ya ??
    aku uda nginstall beberapa game di wine dan jalan
    tapi game online masih lom coba

  10. Wah mantab2.. gue gak nyangka wine bisa secanggih itu


Leave a Reply

