Skip navigation

Syukur alhamdulillah, akhirnya acara pelatihan blog KBBC berakhir dengan sukses dihari ini. Dengan dukungan semua pihak, acara yang dimulai pada pukul 10 pagi bisa terlaksana hingga sore harinya. Walau target peserta yang 30 orang belum tercapai, namun 20-an peserta yang datang diacara tersebut telihat sangat antusias mengikuti setiap materi yang diajarkan oleh para pengajar.

Sayang sekali saya tidak bisa menceritakan kondisi acara dipagi dan siang harinya karena saya sendiri baru bisa datang sore hari tepat saat sesi kedua baru saja berjalan. Dengan ditemani oleh rekan2x dari Universitas Budi Luhur, saya menuju tempat pelaksanaan acara di Multiplus Ki Samaun sekitar pukul 1 siang dari parkiran kampus dan sampai ditempat sekitar pukul 3.00.

Sesi kedua yang diajarkan oleh Kang Kombor diikuti oleh 7/8 orang peserta yang kebanyakan adalah siswi2x SMU dan 1 orang dewasa. Tampak bahwa kang Kombor dapat menguasai situasi dan kondisi terlihat dari respon peserta yang cukup koperatif mengikuti setiap tahapan pelatihan. Pelatihan itu sendiri dimulai dengan kata pembuka oleh kondinator KBBC, oom Caplang, yang menjelaskan mengenai topik2x non teknis seputar kegiatan nge-blog, khususnya soal etika, hukum dan sosial. Setelah itu, kang Kombor mulai menjelaskan tahapan2x pembuatan blog di dagdigdug.com yang menggunakan enjin wordpress. Dimulai dengan pembuatan account, pengelolaan tampilan dan link hingga pembuatan artikel dan halaman statik.

Sesi kedua akhirnya selesai pukul pukul 4 sore dan langsung dilanjutkan dengan sesi ketiga dan terakhir dihari ini. Format acara pada sesi ketiga ini tidak berbeda dengan format acara yang sudah berjalan pada sesi2x sebelumnya, yaitu kata pembuka oleh oom Caplang dan dilanjutkan dengan penjelasan teknis pembuatan blog di dagdigdug.com. Yang membedakan pada sesi kali ini adalah pengajar yang ditunjuk untuk membimbing para peserta. Kelihatan sekali kang Kombor sudah kelelahan dan kelaparan sehingga akhirnya oom Indrio lah yang ditunjuk untuk menggantikannya sebagai pengajar disesi terakhir itu. Walau sebenarnya oom Indrio tampak belum siap menjadi pengajar, namun karena titah sang kordinatorlah yang membuat dia tidak keberatan dengan situasi tersebut. Acara berjalan terus hingga akhirnya berakhir pada pukul 6 sore.

Walau dengan segala keterbatasan dan kekurangan disana-sini, dapat dianggap bahwa KBBC telah sukses mengadakan acara pelatihan pertama ini dengan hasil yang sangat memuaskan.

Seperti yang sudah saya singgung dijudul artikel ini, bahwa acara pelatihan ini adalah yang pertama dilaksanakan oleh KBBC, namun bisa dipastikan bukanlah yang terakhir kalinya. Lain waktu kami akan bekerja dengan lebih baik lagi, dihadiri dengan peserta yang lebih banyak lagi, dan mudah2xan dikesempatan lainnya akan bisa lebih sukses dari hari ini.

Selamat untuk para peserta yang telah mendapatkan ilmu baru dan selamat untuk para panitia yang telah berhasil menjalankan acara ini hingga selesai.

Tidak lupa pula ucapan terima kasih patut diberikan kepada dagdigdug.com yang bersedia menyediakan banyak suvenir untuk para peserta, Multiplus yang telah menyediakan waktu dan empat untuk pelatihan, pak pejaga parkir yang telah setia menjaga mobil saya, istri dan anak saya mau sabar menunggu saya hingga akhir acara, dan tentu saja para panitia, pengajar dan para pihak lain yang telah memberikan banyak sekali kontribusi demi terlaksananya acara ini.

*Sepertinya ini laporan pertama yang dirilis*

*hahahahahaha .. pertamax*

update : untuk mendapatkan info lebih lengkap, silahkan merujuk ke http://www.blogerbenteng.com

%d bloggers like this: