Skip navigation

Kenapa saya memilih menggunakan judul ini, adalah karena beberapa waktu belakangan ini saya sering mendengar keluhan teman2x yang mengatakan kalau mereka tidak nyaman bekerja ditempatnya sekarang. Bahkan mungkin saja saya juga (pernah) merasakan hal yang sama ini :p . Dari yang saya dengar (rasakan) seringkali penyebab ketidak nyamanan itu dimulai dari hal2x yang sederhana dan kecil, walau tidak menutup kemungkinan hal2x tersebut juga merupakan hal2x yang prinsipil bagi sebagian orang.Seperti yang sering dikatakan oleh orang2x bijaksana … Iblis ada di tempat yang kecil dan remeh

Nah, berikut dibawah ini saya mencoba untuk menyusun daftar apa saja yang menyebabkan karyawan betah / nyaman bekerja sehingga bisa lebih produktif dan menguntungkan perusahaan. Kalau ada yang kurang tepat / salah saya mohon maaf.

Brand Image: Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang saat menentukan akan bekerja disuatu tempat akan melihat nama besar perusahaan tersebut. Bekerja diperusahaan yang elit tentu saja akan meningkatkan kepercayaan diri karyawan walau mungkin saja justru gajinya lebih kecil dari karyawan yang bekerja diperusahaan kecil.

Sallary : Kalau ini sih kayanya nda perlu dijelasin. Udah pasti karyawan menginginkan gaji setinggi-tingginya😀

Environment : Lingkungan kerja seringkali juga menjadi salah satu faktor kenapa karyawan betah bekerja. Rekan2x yang supportive, bos yang baik, OB2x yang ramah, dan tentu saja ‘pemandangan’ yang segar :p

Facility : Saya tidak bisa membayangkan apabila saya bekerja membuat software ditengah2x pasar yang panas, bau, dan berisik. Saya yakin pasti saya tidak akan menghasilkan karya apapun dalam waktu yang cukup lama. Kecuali mungkin apabila saya menggunakan cara2x yang inovatif .

Lot of snacks : Nah ini adalah hal terakhir yang saya rasa menjadi tempat yang nyaman iblis bersemayam. Seringkali saya menemukan perusahaan yang melarang karyawannya untuk nyemil disaat kerja, namun saya justru kagum dengan perusahaan bapak ini yang justru mendorong karyawannya untuk selalu makan2x disaat kerja. Saya yakin dengan makanan yang melimpah hanya dua yang mungkin akan terjadi diperusahaan itu, pertama, gejala kegemukan yang merambah dilingkungan kerja dan yang kedua adalah produktifitas dan kreatifitas yang akan bermunculan dari karyawan.

14 Comments

  1. Kayaknya di perusahaan saya … gejala kegemukan dan produktifitas dua-duanya muncul. ha ha ha.

  2. Wedew .. pak Budi cepet banget tangapannya :p
    Banyak2x olah raga ya pak😀

  3. Kondisi yg sedang sayah rasakan saat ini:(
    Bosen kerja

  4. Mugi Mugi dapet tempat baru buat mengais rezeki… Aminnn…

  5. ehm . . .

    mirip banget ama yang sedang saya rasakan juga . .

    boleh crita dikit and minta advice ? (maksudnya curhat gtu🙂 )

    bener banget apa yang udah disebutin diatas, brand image, sallary, environment, facility.

    untuk masalah brand image, skarang saya bekerja di sebuah KAP ( yang katanya sih big 5, KATANYA lho . . .) seneng juga sih (pada awalnya) tapi . . lama kelamaan kok aneh juga yah . . .

    dari sisi sallary, lumayan lah . .(untuk fresh graduate berumur 23 thn), tapi untuk masalah environment , untuk diri sendiri (blom) bisa menerima dengan keadaan seperti itu . ., dari awal masuk sampe skarang (hampir 1,5 thn) blom nemuin “gaya” yang cocok untuk masuk ke lingkungan kantor . . ( mungkin kesalahan ada dari saya juga, kurang bisa “masuk” ke dalam gaya lingkungan kantor, mungkin karena terlalu ber-prinsip)

    sempet berpikiran untuk pindah kerjaan, yah cari yang biasa biasa aja ah, cari kerja yang nyaman di hati (ngga selalu dag dig dug setiap mau masuk kerja) yah walaupun sallary nya (mungkin) bisa dibawah yang saya dapat sekarang dan ngga bisa jalan2 keliling indonesia seperti sekarang🙂.

    tapi, setelah dipikir pikir lagi, sayang juga ninggalinnya, secara dari pihak luar (keluarga dan orang sekitar “terlanjur” bangga/senang apa yang udah saya dapatkan sekarang) dan teman teman saya yang “seperjuangan di kuliah dulu” blom dapat kesempatan sama yang seperti apa yang dapatkan sekarang. . .dapet jobdesk yang “menurut orang agak berbobot” dari jobdesk untuk ukuran fresh graduate seperti saya sekarang. yang bisa sedkit “bercerita” masalah kerjaan yang “tidak biasa”diceritakan oleh orang lain . . .

    dan juga disini juga bisa memberikan kesempatan yang lebih besar lagi untuk saya maju lebih jauh lagi . . (mungkin dengan ngambil sertifikasi profesi gtu . .)

    aaaahhhhh. . .. bingung . .

    mending nerusin kerjaan yang sekarang ( dengan konsekuensi setiap mau masuk kerja dag dig dug terus ) atau cari kerjaan baru yang (mungkin) bisa hilang apa apa yang udah/ kesempatan yang akan saya dapatkan seperti “rasa sedikit bangga”, kesempatan untuk maju lebih jauh, sallary yang mungkin (bisa) lebih kecil dari skarang, keliling indonesia secara gratis🙂, tapi mendapatkan lingkungan yang nyaman untuk bekerja . . .

    menurut anda bagaimana ?
    please sarannya . . . .

  6. trus emang yakin kalo kerja di google bakal dapetin smua itu?🙄

  7. kalo kerja di google blogku taruh di nomer satu ya untuk semua pencarian…

  8. @Ade
    kalo bosen, minta cuti setahun aja bos :))
    @Joey
    Amiiiin jg
    @alv
    wah kalo tiap masuk kerja dagdigdug terus bisa jantungan nanti :p . btw, saran saya sih mending ngomong aja sm bos yang terus2xan ngancem itu supaya lebih bijak komunikasinya. kalo nda bisa jg … yah … u know the best for u lah :p
    @Edy
    Kalo dari 4 yg gw sebutin itu … gw yakin bro
    @mas slamet
    bisa dimarahin sm om brin + om page sy nanti :))

  9. yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan biasanya dari faktir sallary-nya, hehehe😆 jadi semangat kalau gajinya gede, mas indrio.

  10. OB yah ?, sudah 4-5 tahun saya bekerja, saya belum pernah satu kalipun mendapatkan perusahaan yang ada OB-nya ……..:D poor me eh ?

    btw bro, beneran dah coba lamar2 ke Google ?, cara lamarnya gmn tuh bro …. ?

  11. @pak Sawali
    iya sih pak .. sallary, bonus, saham itu penting jg buat semangat kerja :p
    @ofank
    berangkat kemana ?
    @adit
    gw blm pernah ngelamar sih, ngga PD :p . but kalo loe mau coba aja baca footer halaman ini http://labs.google.com/

  12. Your inner world controls your outer world.
    Learn 2 improve your inner world,
    n your outer world would be affected too.
    gmn, klo krja d’tmpat saia adjah OM…..😀

  13. @keykosan
    wah kalo kerja disitu, sy yg jadi dagdigdug dunk
    takut digodain :))


Leave a Reply

