Skip navigation

Malam ini saya merasa muak banged. Bukan karena makanan yang nda enak. Bukan juga karena pemandangan yang menjijikan. Saya muak dengan ucapan banyak orang disekitar saya hari ini yang mengatakan bahwa F/OSS (baca: Linux) adalah GRATIS ! Kalau itu diucapkan oleh anak kecil yang tidak tahu komputer atau orang awam yang jarang bersentuhan dengan internet, maka ucapan itu masih saya anggap wajar. Namun, apabila ucapan itu diungkapkan oleh orang2x yang mengatakan bahwa dirinya adalah para penggiat F/OSS movement maka itu membuat saya serasa ditohok oleh preman pasar.Dan saya sudah hampir merasa putus asa meluruskan kesalahpahaman ini.

F/OSS, salah satunya GNU/Linux, bukan barang gratisan kawan. Kalau kebetulan anda skr bisa mengunduh, atau mengkopi secara BEBAS, bukan berarti bahwa sortware itu gratis. Lihat yang saya bold dikalimat sebelum ini, BEBAS, bukan gratis.Tidak pernah ada pengiat F/OSS movement mengatakan bahwa F/OSS itu barang gratis. Kalaupun ada, saya hanya bisa muntah dipinggir panggung. Maaf, tapi itu betulan.

“Kalau linux tidak gratis, kenapa saya tidak diharuskan untuk membayarnya ?” . Itu karena benda yang anda pegang sekarang adalah barang bebas. Apa artinya ? Jika anda telah memilikinya, maka anda diberikan KEBEBASAN untuk menggunakan, mengubah, dan memberikan kepada orang lain. Dan anda diberikan kebebasan untuk menentukan apakah orang lain yang anda bantu untuk memiliki atau menggunakannya juga harus membayar kepada anda atau tidak.

Prinsip F/OSS movement adalah mengenai KEBEBASAN dan BERBAGI. Bukan soal gratis ataukah berbayar yang konotasinya lebih matrialis. Ini soal gaya hidup, semangat, dan kepedulian kepada sesama…Gotong-Royong. Mirip seperti jika anda memiliki buku dan anda dapat meminjamkannya atau mengkopikannya kepada teman anda yang membutuhkannya. Apakah teman anda itu harus membayar untuk pinjaman atau kopian buku anda itu ? Boleh saja kalau anda mau, atau anda juga bisa pinjamkan buku itu dengan gratis. Terserah, itu pilihan anda. Anda bebas menggunakan buku milik anda itu dengan tujuan apapun kan ?

So ? Stop donk mengucapkan kata2x sampah itu. Dan mulai pelajari dengan seksama maksud dari perkataan anda sendiri itu. Jangan mengucapkan kata2x yang anda sendiri tidak memahami maksudnya. Jangan malas untuk membaca soal GNU/GPL dan Opensource. Kalo nda bisa bahasa inggris, silahkan ambil kursus dulu, atau bayar orang lain untuk menterjemahkannya kepada anda. Yang terpenting adalah DIAM sampai nanti anda betul2x mengerti soal itu semua.

Maaf kalau ada yang tersinggung dengan tulisan sampah saya ini. Saya emang agak sensi kalo udh menyangkut soal GNU/Linux. :p

Silahkan baca lebih lanjut definisi Free / Opensource Software dialamat2x dibawah ini :

7 Comments

  1. betul om, free nya itu bebas bukan gratis, ternyata sampai sekarang masih banyak yang salah kaprah to

  2. @Harry
    Masih banyak banged😦
    Gw kuatir itu karena untuk mempermudah marketing orang2x oportunis.
    Kita aja kadang masih salah kaprah menganggap semua produk2x google.com yang gratis itu dengan sebutan opensource.
    Betul2x mengkuatirkan.

  3. HIDUP GRATIS

    *menjauh sejauh2nya dari indrio, terus gali bunker & ngumpet* ^_^

  4. @adit
    waduh …..
    *bingung cari pacul*

  5. Wah, saya kira juga emang gratis. Penasiran arti kata free yang memang salah. Wah, rancu kalau gratis software opensource mah.

  6. @payjo
    Emang kata ‘free’ itu ambigu banged sih bro. Makanya inisiatif ‘opensource’ dibuat supaya orang2x nda bingung lagi dengan istilah free itu.
    mdh2x skr udh makin banyak orang yang paham soal istilah2x ini.🙂

  7. thx y kk,saya akhirnya jadi sadar, tapi tetep saja saya memberitahukan orang2 di luar bidang IT klo F/OSS itu gratis,,:D


Leave a Reply

