Skip navigation

Sore ini saya baru membaca berita di kompas.com mengenai rencana MUI akan mengeluarkan fatwa haram kepada rokok. Dan, seperti biasa, selalu akan ada perdebatan dan perselisihan diseputar topik ini. Terlepas dari apakah MUI perlu atau tidak mengeluarkan fatwa ini, sebagian besar orang tentunya sudah mengetahui dampak negatif mengkonsumsi rokok. Bahkan saya yang perokok saja sebetulnya juga tahu akan hal ini,. Namun emang dasar bandel makanya sampe skr blm juga berhasil berhenti merokok :p .

Andaikan saja MUI jadi mengeluarkan fatwa ini tahun depan, apa yang kira2x akan terjadi kemudian ? Saya pribadi menduga akan banyak sekali polemik yang berkembang dimasyarakat seperti halnya pada persoalan UU-Anti Pornografi yang lalu. Setiap orang akan saling berdebat mengenai perlu tidaknya fatwa ini dikeluarkan. Banyak yang akan saling menyerang dan membela diri dengan alibi2x yang sering kali kacau dan asal2xan. Yang penting Tolak !!!

Saya sendiri, sekali lagi tidak mau ikut ‘tercebur’ kedalam polemik tersebut. Saya berlepas diri dari perdebatan mengenai perlu tidaknya fatwa ini dikeluarkan. Saya akan menjauhkan diri dari dua kelompok yang nantinya akan berseteru itu. Saya adalah saya. Saya mempunyai sikap sendiri mengenai hal ini. Saya pilih jalan yang paling sederhana yang bisa saya mengerti dan ikuti. Yaitu …. BERHENTI … titik. Ya, berhenti merokok.

Mulai kapan ?

Secepatnya😀

6 Comments

  1. Siiip… Saya termasuk yg mendukung fatwa atau minimalnya larangan merokok di tempat umum…:mrgreen:

  2. di negeri ini kalau segala sesuatu dikait2-kan dengan Agama memang sensitif dan menimbulkan banyak polemik

    sebetulnya bahaya rokok itu lebih kepada kesehatan masyarakat secara umum, drpd mengeluarkan fatwa, sy lebih suka kalo pemerintah saja yg memasukan larangan rokok di hukum positif dan menegakannya

    eh kalo ga salah di JAKARTA itu dah ada kan UU-nya, pelarangan rokok di public area ?

  3. @aditnyaniez
    yups .. gw jg nda suka orang yg ngerokok ditempat umum.
    @aditya
    dihukum positif kita sepertinya sih udh ada larangan merokok ditempat umum. dan itu mungkin tugas polisi / PP yang mengegakkannya. Fatwa MUI mungkin bisa jadi salah satu alat yang bisa bantu pemerintah untuk mengurangi jumlah perokok dinegeri ini.

  4. paling juga jadi sekedar fatwa kalau tanpa sanksi yang jelas, jangankan fatwa dari mui, yang dalam agama jelas-jelas dilarang aja masih banyak yang melakukan kok :huh:

    *saya dukung rencana berhenti merokoknya*

  5. @harry
    iya sih, kaya pelacuran yang juga masih banyak peminatnya. But, setidaknya kan yang ketahuan ‘jajan’ bakalan malu :d
    Thx buat dukungannya :d

  6. Selamat deh yo, gue udah berhenti merokok…udah 2 thn
    padahal dulu gue perokok berat dari SMP dah ngerokok.
    ehhh alhamdulillah bisa skrg bisa berenti


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: